Penjumlahan Cepat-Tepat

Posted: June 29, 2010 in Math Fun, Math News, Mathemagic
Tags: , , ,

Oke, sekarang kita bagi-bagi banyak Ilmu lagi yeh!!? Kali ini tentang additional operation (operasi penjumlahan) dengan 3 title sekaligus. Dan ini hanya butuh skill 80% Penjumlahan, 10% Pengurangan dan 10% Perkalian (he he he kira-kira doank)

First Title: Incar Bilangan Berdigit Belakang 0

Ini sih bisa di bilang yang paling simple, soalnya kita akan ngambil contoh pejumlahan: 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 = ??? Gampang banget kan? Tapi kita akan membahasnya dari sudut pandang “simple-fast“. jady kita akan Menghitung Dengan Proses Mengincar Angka 10, Ex: ( 1 + 9 ) ( 2 + 8 ) ( 3 + 7 ) ( 4 + 6 ) Dan tambahkan 5 di hasil akhir!

Super Simple ‘kan?? Tapy jurus ini bisa di kembangkan untuk operasi yang lebih rumit dan lebih “abstrak” lagy! Bahkan bisa untuk mengincar angka 50, 100, 200, 1000, 10000 dan seterusnya. Okeh, kita ke Level Kedua…

Second Title: Satu Poin Untuk Ratusan Poin

Di sini akan bahas soal yang udah cukup familiar, yaitu Penjumlahan Dengan Angka Yang Berselisih Tipis. Kita contohin, Ex: 78 + 83 + 81 + 77 + 79 + 82 + 85 + 76 = ???

Nah, pasti kita berpikir gimanaaa ya, biar cepet ngitungnya??. Saya punya jurus yang cukup simple tapy lumayan “wahh…” Dan ini melibatkan ketepatan menebak serta sedikit skill multiplication.

Yawdah, langsung aja ke praktek: Coba kita perhatiin baik2 angka-angkanya! mereka semua terpaut dengan satu median (nilai tengah) yaitu 80. Jady poin median ini yang akan kita jadikan reference.

80 yang kita tebak sebagai median akan jadi sangat berpengaruh di sini

Selisih dari 80

78                   – 2

83                   + 3

81                   + 1

77                   – 3

79                   – 1

82                  + 2

85                  + 5

76 +               – 4

(8 angka x 80 = 640) + 1 = 641 (jawaban)

Any Questions??? Ok, Let’s Go To Next Operation…


Third Title: Memisahkan Dan Menggabungkan

Jurus kali ini Gak jauh-jauh dari Jurus di Title pertama, yaitu mengincar bilangan yang mudah untuk di tambahkan (seperti 100, 200, 1000 &  kawan-kawannya) Menguraikan Operasi Penjumlahan Menjadi Operasi Sederhana. Okeh, daripada lama-lama langsung aja!!! More Fast…!!

Ex: 137 + 85 = ??

First Step: Tentukan bilangan yang akan di tambahkan 85 menjadi 100=15

Second Step: Uraikan bilangan 137 dengan 15 menjadi satu komponen 137 = 122 + 15

Third Step: Susunlah kembali menjadi penjumlahan 122+15+85

Last Step: jumlahkan 122 + ( 15 + 85 ) = 122 + 100 + 222 (jawaban)

Ringkasan Proses Berpikir

137 + 85  → 9 122 + 15 ) + 85 → 122 + ( 15 + 85 ) → 222

Lumayan simple-fast kan?? Walaupun agak-agak ribed, tapy kalo udah lengket pasti super gampang dah… NgOkeyh???

Setelah kita berpuyeng-puyeng ria bersama!! kita lakukan sedikit refreshing… Kali ini kita bakal ngeliat Penjumlahan yang super “wahh…” banget!!! This is it:

Perhatiin baik-baik angkanya dari ujung-ke-ujung deh!!!

1                                                                                                          1

1 2                                                                                                     2 1

1 2 3                                                                                               3 2 1

1 2 3 4                                                                                          4 3 2 1

1 2 3 4 5                                                                                     5 4 3 2 1

1 2 3 4 5 6                                                                               6 5 4 3 2 1

1 2 3 4 5 6 7                                                                          7 6 5 4 3 2 1

1 2 3 4 5 6 7 8                                                                    8 7 6 5 4 3 2 1

1 2 3 4 5 6 7 8 9 +                                                           9 8 7 6 5 4 3 2 1 +

1 0 8 3 6 7 6 2 6 9                                                         1 0 8 3 6 7 6 2 6 9

He he he… Cool kan??? See You At Next Entries

Comments
  1. andromedha says:

    137 + 85 = ??
    Bisa juga
    137 + 85 = (137 + 63) + (85 – 63) = 200 + 22 = 222
    mental aritmatika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s