Variasi-Variasi Jenis Permainan Catur Yang Beraneka Ragam

Posted: August 3, 2009 in Math Chess
Tags: ,

Permainan catur yang kita cintai ini telah dimainkan orang sejak ribuan tahun yang lalu……dalam perjalanannya permainan catur memiliki jenis variasi yang sangat banyak…….mungkin orang ada yang bosan dengan permainan catur standar, lalu menciptakan variasi-variasi catur……untuk catur standar (catur dengan buah dan papan standar) saja ada banyak macamnya…….mulai dari catur klasik, catur cepat, catur kilat, catur buta, catur random, catur korespondensi (surat), catur online (main via internet), dan lain-lain……..ada lagi yang mulai membuat variasi catur dengan merubah/menambah buah catur dan jumlah petaknya……..ada juga yang merubah peraturannya, misalnya crazy/lose chess dimana yang habis buahnya dulu yang menang dan lain-lainnya……..sampai yang paling ekstrem menambah buah catur baru……..

Berikut sedikit daftar variasi-variasi permainan catur:

Catur Menggunakan Buah Standar dan Peraturan Standar

1. Catur Klasik
2. Catur Cepat
3. Catur Kilat
4. Catur Buta
5. Catur Online
6. Catur Korespondensi
7. dan lain-lain

Catur Menggunakan Buah Standar Tapi Peraturan Tidak Standar

1. Catur Random/Fischer (Chess960), buah dan papan catur standar, hanya urutan tata letak buahnya diubah-ubah sejak awal permainan. Variasi posisinya berjumlah 960…….
2. Catur Tandem, catur dengan 4 orang pemain, tapi buah+papan caturnya cuma 1. Setiap pasangan tidak diperbolehkan berkomunikasi, langkah gantian……
3. Catur Estafet, catur dengan 1 buah+papan catur tapi dengan jumlah pemain yang banyak (lebih dari 1), langkahnya bergantian…….
4. Catur Kartu, langkah catur ditentukan dengan kocokan media kartu (yang biasa dipakai untuk main remi), jadi ada faktor keberuntungan juga……..
5. Catur Voor, salah satu pihak mengurangi jumlah buah catur sejak awal permainan atau kadang bisa juga mengurangi jatah jam caturnya.
6. Catur “Lose Chess” (Crazy Chess), yang habis dulu buah caturnya menang.
7. Catur Siluman, catur biasa yang mana perwira (selain raja dan pion) di kolom benteng (a dan h) langkahnya jadi langkah benteng, kolom kuda (b dan g) langkahnya jadi langkah kuda, di kolom gajah (c dan f) langkahnya jadi langkah gajah, tapi di kolom raja dan menteri (d dan e) langkahnya jadi normal…….

unik kan……

Comments
  1. Heri Darmanto says:

    Sumber yang asli dari postingan ini dan yang isinya lebih lengkap bisa dibaca di alamat:
    http://komputercatur.blogspot.com/2008/04/kecurangan-kecurangan-yang-terjadi.html (tertanggal 19 April 2008)
    GENS UNA SUMUS.
    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s