Filosofi Catur

filosofi catur ternyata banyak sekali loh……dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari2……bisa untuk filosofi kehidupan……..bisa diterapkan dalam bisnis……dan masih banyak lagi……

¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶

1. hal yang sangat sederhana misalnya, dalam catur jika sudah memegang buah sendiri, buah itu wajib atau harus dijalankan (selama masih mungkin), atau jika buah lawan yang dipegang, buah itu wajib dimakan atau dipukul (selama masih mungkin)…….filosofinya identik dengan jika kita sudah berucap, maka seharusnya dikerjakan selama hal itu masih mungkin dilakukan……..alias konsisten dengan kata-kata kita sendiri…………ya kan…….^^

2. “jangan pernah meremehkan orang meski orang tersebut kelihatan tidak berarti”……… ini ibarat pion, kelihatan biasa, tak berarti, sering dipandang sebelah mata, dan sering diremehkan perannya dalam permainan, akan tetapi jika kuat menghadapi cobaan hingga petak terakhir bisa promosi bidak berubah menjadi jauh lebih hebat seperti menteri, kuda, gajah, atau pun benteng……sama halnya dengan kehidupan kita, walaupun kita “kecil” tetapi jika berusaha dan kuat menghadapi cobaan yang ada hingga akhir, nanti kita bisa menjadi sesuatu yang “besar”…….

3. dalam catur posisi skak adalah posisi dimana kita terjepit untuk melangkah……..dalam kehidupan kita sering mengalami hal-hal yang membuat kita terjepit…..dihadapkan pada pilihan2 yang sama2 sulit, maka disinilah letak kejelian kita untuk menentukan sikap dalam masa2 sulit, satu sikap yang benar2 bagus…….sikap dan keputusan yang bijak dan bermanfaat untuk langkah selanjutnya, menentukan solusi jitu untuk keluar dari masa sulit dalam hidup ini ibarat permainan catur dalam posisi skak…….

4. strategi yang harus dilakukan ketika kita mengorbankan salah satu sisi “kekuatan” kita, harus sebanding atau bahkan melebihi hasil yang Anda dapatkan…….jangan sampai mengorbankan sesuatu, namun mendapatkan hasil yang lebih kecil dari apa yang kita korbankan…..sama halnya dengan kombinasi dalam catur…..berkorban demi mendapat keuntungan yang lebih besar, tentu saja dengan perhitungan yang matang, tidak asal berkorban……

5. dalam catur, hasil akhir yang dicapai adalah mengalahkan raja lawan. untuk itu tidak bisa dilakukan hanya dengan satu atau dua langkah. akan banyak sekali langkah langkah yang harus untuk mencapai kemenangan itu. bisa jadi untuk mendapatkan tujuan itu kita harus berani berkorban salah satu prajurit. intinya, tidak boleh hanya berfikir untuk hari ini saja. harus berfikir untuk masa depan yang mungkin masih jauh, karena apa yang kita lakukan pada hari ini akan sangat menentukan hasil yang kita dapatkan nantinya. (armen einsten)

6. dalam catur ada posisi yang namanya skakmat, dalam dunia nyata juga ada yang namanya skakmat, seperti sakit parah, usaha gulung tikar dan sebagainya. Sikap yang perlu diambil setelah mengalami skakmat adalah sikap pasrah tanpa berputus asa. Jika sakit parah maka pasrah kepada sang pencipta, sambil terus berusaha mencari kesembuhan. Jika bangkrut maka pasrah dan ikhlas dan mau belajar dari pengalaman masa lalu, tanpa putus asa hingga bisa bangkit kembali. (bram)

7. catur adalah satu kesatuan..dimana antara posisi yang satu dan lainnya memiliki ikatan yang kuat..sehingga di dalam hidup sehari hari kita butuh orang lain dalam melangsungkan hidup kita..tanpa orang lain kita tidak dapat hidup sendirian. (licosh casvarof)

8. Dalam permainan catur, tercermin kepribadian sang pemain. Jika permainan melulu bertahan dan pasif, mengindikasikan karakter pemain adalah orang yang tenang, cenderung mengikuti arus, nrimo, apa saja yang ada itulah yang diterima. Ada tipe pemain yang menyerang, penuh petualangan. Ini menunjukkan seorang berkepribadian yang dinamis, kreatif dan penuh perjuangan. Cuma ada perbedaan kecil pada tipe pemain seperti ini, ada yang sembrono, cepat bertindak tapi kurang perhitungan, sehingga resiko sangat besar untuk gagal. Sedangkan bagian yang lain, walaupun dinamis dan kreatif, tetapi tetap waspada dan menghitung langkah dengan seksama, ini yang lebih baik. Berani berkreasi dan aktif dalam membuat terobosan, tetapi juga berhati-hati dalam menguji inisiatif tersebut. (Ramdani Tohir)

¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶ ¶

bagi yang mau menambahkan filosofi catur, sangat kita harapkan masukannya…….dan kami akan sangat berterima kasih sekali……….caranya dengan comment di bawah ini, nanti akan kita masukan ke halaman atau postingan…..

Comments
  1. armen einsten says:

    dalam catur, hasil akhir yang dicapai adalah mengalahkan raja lawan. untuk itu tidak bisa dilakukan hanya dengan satu atau dua langkah. akan banyak sekali langkah langkah yang harus untuk mencapai kemenangan itu. bisa jadi untuk mendapatkan tujuan itu kita harus berani berkorban salah satu prajurit. intinya, tidak boleh hanya berfikir untuk hari ini saja. harus berfikir untuk masa depan yang mungkin masih jauh, karena apa yang kita lakukan pada hari ini akan sangat menentukan hasil yang kita dapatkan nantinya

  2. hasan says:

    kalau aku main catur yang penting kudaku tidak mati, biar kalah gak apa apa

  3. bram says:

    Dalam catur ada posisi yang namanya skakmat, dalam dunia nyata juga ada yang namanya skakmat, seperti sakit parah, usaha gulung tikar dan sebagainya. Sikap yang perlu diambil setelah mengalami skakmat adalah sikap pasrah tanpa berputus asa. Jika sakit parah maka pasrah kepada sang pencipta, sambil terus berusaha mencari kesembuhan. Jika bangkrut maka pasrah dan ikhlas dan mau belajar dari pengalaman masa lalu, tanpa putus asa hingga bisa bangkit kembali.

  4. Licosh_casvarof says:

    Catur adalah satu kesatuan..dimana antara posisi yang satu dan lainnya memiliki ikatan yang kuat..sehingga di dalam hidup sehari hari kita butuh orang lain dalam melangsungkan hidup kita..tanpa orang lain kita tidak dapat hidup sendirian.

  5. Ramdani Tohir says:

    Dalam permainan catur, tercermin kepribadian sang pemain. Jika permainan melulu bertahan dan pasif, mengindikasikan karakter pemain adalah orang yang tenang, cenderung mengikuti arus, nrimo, apa saja yang ada itulah yang diterima. Ada tipe pemain yang menyerang, penuh petualangan. Ini menunjukkan seorang berkepribadian yang dinamis, kreatif dan penuh perjuangan. Cuma ada perbedaan kecil pada tipe pemain seperti ini, ada yang sembrono, cepat bertindak tapi kurang perhitungan, sehingga resiko sangat besar untuk gagal. Sedangkan bagian yang lain, walaupun dinamis dan kreatif, tetapi tetap waspada dan menghitung langkah dengan seksama, ini yang lebih baik. Berani berkreasi dan aktif dalam membuat terobosan, tetapi juga berhati-hati dalam menguji inisiatif tersebut.

  6. dkreik says:

    Sundul gan

  7. Eddie says:

    seorang pecatur biasanya, juga handal dlm kehidupan, krn dia sudah biasa membuat strategi, tp knp dlm kehidpn bnyk juga yg mengalami kegagalan yg seharusnya tidak terjadi. masalahnya adalah :
    dlm catur dia memahami sekali, kemampuan setiap buah catur. hingga dia bisa menempatpakn pada posisi yg tepat. ( memanage dg baik ). mulai dr opening, babak tengah sampai bbk akhir. bekerja dlm satu kesatuan yg harmonis. hingga dpt mencapai kemenangan. seharusnya demikian juga dlm kehidupan kita. terapkan seperti kita bermain catur. pasti sukses.
    NB:
    1. persiapkan diri sebelum terjun. opening (langkah awal ) dst. trmsk memahami orang2 disekitar kita.
    2. Jangan membentur kekuatan yg besar ( pasti kalah ) tp belajarlah dr mereka.
    3. bila menemui kegagalan, jngn menyerah. belajar lagi. dan jngn ulangi kesalahan.
    4. Jangan lupa Berdo’a. AMIN

    TERIMA KASIH YG PNY ROOM. MOGA SUKSES.

  8. hengki dwi purwadi says:

    dalam permainan catur sebuah bidak-pun dapat membuat skak pada raja lawan, artinya di dalam sebuah kehidupan terkadang nasehat seorang anak kemarin sore jangan diremehkan, oleh karena itu para pecinta catur haram hukumnya menolak nasehat anak kemarin sore jika itu benar,hihihi!!!

  9. chacha says:

    Kita tambah lagi seri partai caturnya,..oya banyak juga para pembaca blog main catur ini yang meminta agar supaya perangkap dan tipu daya dalam pembukaan juga di postingkan dalam blog ini…nah sekarang saya akan jelaskan sedikit tentang masalah perangkap dalam pembukaan catur.

    Sebenarnya perangkap ini akan terjadi klo salah satu pemain melakukan langkah salah dalam pembukaan, dengan adanya kesalahan ini maka lawan ( baca aja lawan yang pinter hehe..) akan melakukan langkah terbaik sebagai hukumannya..hingga menyebabkan sipemain tadi akan kalah materi ( kalah perwira atau kalah bidak ) dan mungkin aja bisa langsung MAT.
    Kenapa ini bisa terjadi??, sebab sipemain tadi ngak mengerti langkah pembukaan catur yang baik, hingga dia gampang kena perangkap dalam pembukaan…nah gimana cara mengatasi hal ini?? Gampang aja!!..pelajari pembukaan yang benar dan juga pahami prinsip-prinsip dasar pembukaan

    Sekarang anda dah pahamkan, apa yang dimaksud dengan perangkap/tipu muslihat dalam pembukaan catur…nah bagi rekan-rekan yang menginginkan posting tentang masalah ini, sebenarnya dah terjawab,kenapa?? Sebab partai catur mini ini adalah nama lain dari “perangkap dan tipu muslihat” dalam pembukaan catur…pahamkan!!..hehe…oke lanjut!!!

    1. 1.e4 e5 2.f4 d6 3.Nf3 Bg4 4.Bc4 exf4 5.Nc3 g5 6.Ne5 dxe5 7.Qxg4 c6 8.Qf5 Qf6 9.Qc8+ Qd8 10.Bxf7+ 1-0

    2. 1.e4 c5 2.Nf3 d6 3.b3 Nf6 4.e5 dxe5 5.Nxe5 Qd4 6.Bb5+ Nbd7 7.Nc4 Qxa1 8.Bb2 Qxa2 9.Bxf6 1-0

    3. 1.e4 Nf6 2.e5 Nd5 3.c4 Nb6 4.d4 d6 5.Bd3 dxe5 6.dxe5 N8d7 7.e6 Nf6 8.exf7+ Kxf7 9.Bg6+ 1-0

    4. 1.e4 c5 2.Nf3 d6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 Nf6 5.Nc3 g6 6.Be3 Ng4 7.Bb5+ Nd7 8.Qxg4 1-0

    5. 1.e4 e5 2.Bc4 Nc6 3.d3 Bc5 4.Nf3 d6 5.O-O Nf6 6.Be3 Bb6 7.Bxb6 axb6 8.Nbd2 O-O 9.Re1 Nh5 10.Nxe5 Nxe5 0-1

    6. 1.d4 Nf6 2.c4 e5 3.dxe5 Ne4 4.Nf3 Nc6 5.Nbd2 Nc5 6.g3 h5 7.a3 Qe7 8.b4 Nxe5 9.bxc5 Nd3+ 0-1

    7. 1.e4 Nc6 2.Nf3 e5 3.Bc4 Nf6 4.d4 exd4 5.e5 Ng4 6.Bxf7+ Kxf7 7.Ng5+ Kg8 8.Qxg4 Bb4+ 9.c3 dxc3 10.Qc4+ 1-0

    8. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Nd7 5.Nf3 Be7 6.Bd3 b6 7.Nfg5 Ngf6 8.Nxf7 Kxf7 9.Ng5+ Kg8 10.Nxe6 1-0

    9. 1.d4 Nf6 2.c4 e5 3.dxe5 Ne4 4.Nf3 b6 5.Qd5 Bb7 6.Qxb7 Nc6 7.Qa6 Bb4+ 8.Bd2 Nc5 9.Qb5 Bxd2+ 10.Nbxd2 a6 0-1

    10. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nc3 Bb4 4.Bd3 c5 5.exd5 Qxd5 6.Nf3 cxd4 7.a3 Qa5 8.axb4 Qxa1 9.Nxd4 1-0

    11. 1.e4 e5 2.Nf3 Nc6 3.Bb5 a6 4.Ba4 Nf6 5.O-O b5 6.Bb3 Bc5 7.Nxe5 Nxe5 8.d4 Bb6 9.dxe5 Nxe4 10.Qd5 1-0

    12. 1.e4 e5 2.d4 exd4 3.Qxd4 Nc6 4.Qe3 Nf6 5.Bc4 Ne5 6.Bb3 Bb4+ 7.c3 Bc5 8.Qg3 Bxf2+ 0-1

    13. 1.e4 c5 2.Nf3 d6 3.d4 b6 4.dxc5 bxc5 5.Qd5 1-0

    14. 1.d4 Nf6 2.c4 e6 3.Nc3 Bb4 4.Qc2 Nc6 5.Nf3 d6 6.e3 e5 7.d5 Ne7 8.Qa4+ 1-0

    15. 1.e4 e5 2.Nf3 Nc6 3.Bc4 Nge7 4.Nc3 d6 5.Ng5 h6 6.Bxf7+ Kd7 7.Qg4+ Nf5 8.Qxf5+ Ke7 9.Nd5+ 1-0

    16. 1.d4 Nf6 2.c4 e5 3.dxe5 Ng4 4.Nf3 Bc5 5.e4 Nc6 6.Bg5 Bxf2+ 7.Ke2 Nd4+ 8.Qxd4 Bxd4 9.Bxd8 Bxb2 0-1

    17. 1.e4 e5 2.Nc3 Bc5 3.Bc4 Ne7 4.d3 Nbc6 5.Qh5 O-O 6.Bg5 Qe8 7.Nf3 Ng6 8.Nd5 Bb6 9.Nf6+ gxf6 10.Bxf6 1-0

    18. 1.d4 Nf6 2.c4 g6 3.Nc3 d5 4.Bf4 Bg7 5.e3 c5 6.dxc5 Qa5 7.cxd5 Nxd5 0-1

    19. 1.d4 d5 2.Bf4 c5 3.e4 Nc6 4.Nc3 cxd4 5.exd5 dxc3 6.dxc6 Qa5 7.b4 Qxb4 8.Qd5 Be6 9.Qf3 O-O-O 10.cxb7 1-0

    20. 1.d4 Nf6 2.c4 e6 3.Nc3 Bb4 4.Qb3 c5 5.dxc5 Nc6 6.Nf3 Ne4 7.Bd2 Nxd2 8.Nxd2 Qa5 9.O-O-O Nd4 0-1

    21. 1.e4 c5 2.Nf3 d6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 Nf6 5.Nc3 g6 6.Be3 Bg4 7.Bb5+ 1-0

    22. 1.e4 c5 2.Nf3 d6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 Nf6 5.Nc3 h6 6.Be3 Ng4 7.Bb5+ 1-0

    23. 1.e4 d5 2.exd5 Nf6 3.d4 Qxd5 4.c4 Qe4+ 5.Be3 e5 6.Nc3 Bb4 7.Qa4+ Nc6 8.d5 Nxd5 9.cxd5 Bxc3+ 0-1

    24. 1.e4 e5 2.f4 exf4 3.Qf3 Nc6 4.c3 Nf6 5.d4 d5 6.e5 Ne4 7.Bxf4 Be7 8.Nd2 Bf5 9.O-O-O Qd7 10.h3 Nxd4 0-1

    25. 1.e4 c6 2.d4 d5 3.e5 Bf5 4.Bd3 Bxd3 5.Qxd3 e6 6.Ne2 c5 7.c3 Ne7 8.Qb5+ Qd7 9.Qxc5 Nf5 10.Qa5 b6 0-1

    26. 1.e4 c5 2.Nc3 Nc6 3.Nge2 g6 4.d3 Bg7 5.Be3 Nd4 6.g3 Nf3+ 0-1

    27. 1.e4 e5 2.f4 exf4 3.Nf3 Nf6 4.e5 Nh5 5.Qe2 g6 6.d4 Bg7 7.g4 fxg3 8.Bg5 f6 9.exf6 Kf7 10.fxg7 1-0

    28. 1.e4 e5 2.Nc3 Nc6 3.Bc4 Bc5 4.Qg4 Qf6 5.Nd5 Qxf2+ 6.Kd1 Kf8 7.Nh3 Qd4 8.d3 Bb6 9.Rf1 f6 10.Nxf6 1-0

    29. 1.e4 c5 2.b4 cxb4 3.d4 e5 4.dxe5 Nc6 5.Nf3 Nge7 6.Bf4 Ng6 7.Bg3 Qa5 8.Qd5 b3 9.Qxa5 b2 10.Qc3 Bb4 0-1

    30. 1.d4 Nf6 2.c4 e6 3.Nf3 b6 4.g3 Bb7 5.Bg2 Bb4+ 6.Bd2 Qe7 7.O-O Ne4 8.Ng5 d5 9.Nxe4 1-0

    31. 1.e4 c6 2.Nc3 d5 3.Nf3 dxe4 4.Nxe4 Nd7 5.Qe2 Ngf6 6.Nd6+ 1-0

    32. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nc3 Bb4 4.exd5 Qxd5 5.Qg4 Ne7 6.Qxg7 Qe4+ 7.Kd1 1-0

    33. 1.d4 Nf6 2.Nf3 b6 3.g3 Bb7 4.Bg2 e6 5.O-O Be7 6.c4 O-O 7.Nc3 Ne4 8.Qc2 Nxc3 9.Ng5 Nxe2+ 10.Qxe2 Bxg2 0-1

    34. 1.f4 e5 2.fxe5 d6 3.exd6 Bxd6 4.Nf3 Nc6 5.h3 Bg3+ 0-1

    35. 1.e4 e5 2.c3 Nc6 3.d4 Nf6 4.Bg5 h6 5.Bh4 g5 6.Bg3 exd4 7.e5 dxc3 8.exf6 cxb2 9.Qe2+ Qe7 10.fxe7 Bg7 0-1

    36. 1.e4 c6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Nd7 5.Qe2 Ngf6 6.Nd6+ 1-0

    37. 1.c4 c6 2.Nf3 d5 3.e3 Nf6 4.Nc3 e6 5.d4 a6 6.c5 Nbd7 7.Bd3 e5 8.Bf5 e4 9.Nd2 Nxc5 0-1

    38. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nd2 c5 4.Ngf3 cxd4 5.Nxd4 dxe4 6.Nxe4 Nf6 7.Bg5 Qa5+ 8.Bd2 Qe5 0-1

    39. 1.e4 c5 2.Nf3 Nc6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 Nf6 5.Nc3 d6 6.Be2 e5 7.Nb3 Be7 8.f4 O-O 9.f5 Qb6 10.Bg5 Nxe4 0-1

    40. 1.e4 d6 2.d4 Nd7 3.Bc4 g6 4.Nf3 Bg7 5.Bxf7+ Kxf7 6.Ng5+ Kf6 7.Qf3+ 1-0

    41. 1.d4 Nf6 2.Nd2 e5 3.dxe5 Ng4 4.Ngf3 Be7 5.h3 Ne3 0-1

    42. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Bd7 5.Nf3 Bc6 6.Bd3 Nf6 7.Nxf6+ Qxf6 8.Bg5 Bxf3 9.Qd2 1-0

    43. 1.e4 c5 2.Ne2 Nc6 3.c4 Nf6 4.Nbc3 g6 5.d4 cxd4 6.Nxd4 d6 7.f3 Qb6 8.Be3 Qxb2 9.Na4 Qa3 10.Bc1 1-0

    44. 1.Nf3 d5 2.g3 Bf5 3.Bg2 Nd7 4.c4 c6 5.cxd5 cxd5 6.Qb3 Nc5 7.Qb5+ Bd7 8.Qxc5 Rc8 0-1

    45. 1.e4 c5 2.Nf3 Nc6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 Nf6 5.Nc3 e6 6.Be2 Bb4 7.Bf3 Qa5 8.Nb5 Qxb5 0-1

    46. 1.e4 c5 2.Nf3 d6 3.d4 cxd4 4.Nxd4 Nf6 5.Nc3 h6 6.Be3 Ng4 7.Bb5+ 1-0

    47. 1.d4 g6 2.Nf3 Bg7 3.e3 d6 4.Bc4 Nd7 5.Bxf7+ Kxf7 6.Ng5+ Kf6 7.Qf3+ Kxg5 8.e4 Kh4 9.Qh3+ 1-0

    48. 1.d4 Nf6 2.c4 g6 3.Qc2 d5 4.cxd5 Nxd5 5.e4 Nb6 6.Nc3 Qxd4 7.Nb5 Qb4+ 8.Bd2 Qa4 9.b3 1-0

    49. 1.d4 Nf6 2.c4 b6 3.f3 e6 4.d5 Bb4+ 5.Nd2 O-O 6.e4 exd5 7.cxd5 Nxe4 8.fxe4 Qh4+ 9.Ke2 Ba6+ 10.Kf3 f5 0-1

    50. 1.e4 e5 2.d4 exd4 3.Qxd4 Qf6 4.Qe3 Nh6 5.Nc3 Ng4 6.Nd5 Qc6 7.Qf4 d6 8.Bb5 1-0

    51. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nd2 Nc6 4.Ne2 e5 5.exd5 Qxd5 6.c4 Nb4 7.cxd5 Nd3+ 0-1

    52. 1.e4 d6 2.d4 Nd7 3.Bc4 g6 4.Nf3 Bg7 5.Bxf7+ Kxf7 6.Ng5+ Kf6 7.Qf3+ 1-0

    53. 1.e4 c6 2.Nc3 d5 3.Nf3 dxe4 4.Nxe4 Nf6 5.Qe2 Nbd7 6.Nd6+ 1-0

    54. 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Nd7 5.Nf3 Ngf6 6.Neg5 Be7 7.Nxf7 Kxf7 8.Ng5+ Kg8 9.Nxe6 Qe8 10.Nxc7 Bb4+ 0-1

    55. 1.c4 d5 2.cxd5 Nf6 3.e4 Nxe4 4.Qa4+ 1-0

    • aan001 says:

      cara membaca yang seperti ini bagaimana : 1.e4 e6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Nd7 5.Nf3 Ngf6 6.Neg5 Be7 7.Nxf7 Kxf7 8.Ng5+ Kg8 9.Nxe6 Qe8 10.Nxc7 Bb4+ 0-1
      mohon pencerahannya.
      terimakasih

  10. Cholick finisher says:

    dalam permainan catur langkahnya selalu optimis meski kita tahu siapa yang kita lawan dan begitu pula dalam kehidupan sehari-hari yang harus kita awali dengan semangat dan positif thinking agar selalu optimis dalam pencapaian ^_^ SPTHDH

  11. Amgah says:

    http://amgah.blogspot.com/2012/06/filosofi-catur.html saya juga bikin yang sama isi beda :) semoga bisa bertukar pikiran

  12. Miftah Andrian says:

    . Dalam brmain catur untuk 1x melangkah pemain biasanya berpikir 3x,
    1. Tujuan kita melangkah kesini & akibat apa yg akan qta tmui bila qta mlangkah kesini jgn sampi qta slah dlm melangkah.
    2. menentukan langkah selanjutnya. jka d’hubungkn dgn kehidupan, apa yg qta lakukan saat ini harus punya tjuan kedepan’y jgn berpikir tuk hari ini aja.
    3. mencoba membaca pemikiran lawan agar qta lebih baik dlm melangkah, biasa’y pemikiran ini selalu d’terapkan dlm msalah pekerjaan sebagai dasar pembentukan strategi.

  13. Wisely says:

    Tidak ada Filosofi Game di dunia ini yang pada hakekatnya REMIS/Draw. CUma Catur yang menganut Filosofi tersebut. Sebab apa yang kita punyai , lawan kita punya, dan apa yang dipunyai lawan..kita juga punya. jika ditarungkan hasilnya akhir pasti draw. Cuma Menariknya..mengapa ada menang dan kalah? karena catur bukan masalah di MODAL Awal yang sama, tapi berkaitan dengan keuletan, strategy matang, berani mengambil resiko dan perencanaan yang systematis dan matang. Hubungan Sebab Akibat sangat KENTAL dalam catur, sebab terjadi akibat kita melangkahkan sesuatu dalam papan catur. Wow..sungguh menarik

    • skakmath says:

      Terimakasih atas tambahannya…semakin ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
      ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
      ║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
      ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
      ♏♏♏ªªªªñÑñŤŤŤªªªªªPPPPON SOSIALITA1(y)..ªªkªªkªª=Dªªkªªkªª=ªªkªªkªª…

  14. riana edogawa says:

    suka’

    • skakmath says:

      .╔══╗═════╔╗═════.
      .╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗.
      .═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║.
      .═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝.
      .═══════╚═╝═╚═╝══ yeh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s