Menghitung Akar Pangkat Tiga

Posted: July 20, 2009 in Math Fun, Math News
Tags: , ,

biasanya mencari akar pangkat tiga dari suatu bilangan kan susah banget…..padahal ga terlalu susah sebenernya dengan cara2 menentukan akar pangkat tiga yang akan dibahas di sini, dan caranya ada tiga macam….

1. Cara yang pertama pake kalkulator, komputer atau alat bantu hitung sejenisnya…..mudah kan tinggal pencet2 he…..kalo ada cara mudah gini knapa repot2, ya kan…..kalo ga da barangnya baru ngitung manual kayak cara selanjutnya…….

2. nah skrg agak serius dikit pake cara faktorisasi prima……bilangan yang akan dicari akar pangkat tiganya difaktorisasi prima kan……hasil dari faktorisasinya itu dijadikan perkalian tiga bilangan yang sama besar……nah, bilangan yang sama besar itulah hasil akar pangkat tiganya……..biar lebih jelas langsung pake contoh aja ya…….misalkan berapa akar 3375?
langkahnya yaitu faktorisasi prima kan 3375, yaitu menja di 3375 = 3 x 3 x 3 x 5 x 5 x 5……kemudian hasilnya dikelompokkan menjadi 3 bilangan sama besar sehingga menjadi 3375 = (3×5) x (3×5) x (3×5) => 3375 = 15 x 15 x15……hasilnya ketemu deh 15…….mudah kan…..

3. cara yang ketiga pake cara mencoba2…..akar pangkat tiga dari bilangan yang terdiri dari empat hingga enam angka dapat ditentukan dengan cara mencoba2…..langsung pake contoh aja ya…..misalnya cari akar pangkat tiga dari 3375 yang akan dicoba pake cara mencoba2……
pertama akan ditentuin nilai puluhannya dulu…..perhatikan angka ribuannya, yaitu 3…..carilah bilangan pangkat tiga dasar terbesar di bawah angka 3 ini……ketemu 1 kan, karena 1 = 1^3…..jadi angka puluhannya ketemu 1…..
selanjutnya akan ditentuin nilai satuan bilangan yang di cari…….perhatikan angka terakhir dari 3375, yaitu 5……bilangan pangkat tiga dasarnya ketemu 125 deh, karena 125 = 5^3…..jadi didapat bilangan satuannya 5…..
dan akhirnya ketemu deh akar pangkat 3 dari 3375 pake cara mencoba2 yaitu 15……

ternyata mudah kan

About these ads
Comments
  1. eem says:

    Cara 2 ada kelemahan, yaitu jika ternyata akarnya adalah suatu bilangan ‘gedhe’ misal akar 9409 yt 97.

    Cara ketiga .,

  2. Rohedi says:

    Setuju bahwa ngitung pangkat tiga itu gampang banget. Tapi kenapa ya di sekolahan dari dulu ngitungnya diajari cuman pakai tabel logaritma. Rohedi punya cara jitu munculin nilai akar pangkat tiga itu, bahkan ketelitiannya sama dg jumlah digit kalkulator untuk sekali hitung (tanpa iterasi). Ada yang tahu bagaimana Rohedi harus mempublikasinya? Salam kenal.

    • skakmath says:

      salam kenal juga pak rohedi……
      wah senang sekali ada yg perhatian dengan isi postingan saya……
      jika pak rohedi berkenan berbagi ilmu, dan mau diposting di blog kami ini, kami sangat tersanjung…….
      mohon isinya dikirim lewat e-mail suhartojoyo@yahoo.com……insya alloh akan saya publikasikan…….terimakasih……

  3. Pak Semuanya,

    yang jelas, pelajaran anak kelas 5 SD sudah mengandung akar pangkat 3. Yaitu mencari panjang rusuk kubus bila diketahui volumenya. Adakah yg mudah dimengerti anak SD ?

    salam,
    hidupabadi

    • skakmath says:

      kami kira cara kedua dengan faktorisasi prima relatif mudah dimengerti…….^^……makacih ya dah comment……..

    • max rudy lumintang says:

      sama-sama kita mau berbagi ilmu utk kemajuan math basic,utk cara paling mudah kita harus tahu basicnya dulu…. saya ingin mengelompokkan nilai akar pangkat tiga terlebih dahulu..misalkan : angka yang lebih kecil dari 1000 sudah pasti hasilnya di bawah 10 contohnya akar pangkat 3 dari 729 itu = sudah pasti hasilnya antara 0-9 untuk membuktikan kita hanya memangkat 3kan angka terakhir dari 729 jadi 9^3 =72’9′ jadi hasilnya 9…bisakan…?? untuk nilai yang lebih besar atau = 1000 sampai <8000 hasil pangkat3nya sudah pasti angka pertama 1. sedangkan angka keduanya adalah angka terakhir dari hasil pangkat 3 dari angka terakhir misalkan : akar pangkat 3 dari 6859=……. .perlu di perhatikan lagi kalau nilai yang di bawah 8000 sudah pasti angka puluhannya =1 , untuk mencari angka satuannya kita hanya perlu memangkat3kan angka terakhir dari 6859 yaitu 9x9x9=72'9' <-ambilah angka yang terakhir menjadi nilai satuan sehingga hasil puluhan=1 dan satuannya =9 yaitu 19 bisakan…???? jika mau lebih jelas silahkan email saja………thx

  4. Kristian says:

    Kalau ternyata akar pangkat 3nya bukan bilangan bulat gimana caranya. Karena kan kalo untuk akar pangkat dua ada caranya, jadi semua angka kalo diakar pangkat dua bisa kita cari, kalo akar pangkat 3 bagaimana ya, karena kan tadi contohnya cuma satu bilangan yang sama daan hasilnya bulat 15

    • skakmath says:

      sebenernya ada beberapa cara……salah satunya pake metode biseksi……..nanti kukirim ke emailmu deh…..walaupun caranya agak susah, tapi nanti bisa kujadikan postingan tersendiri……makasih atas pertanyaannya ya……

      • Gunawan says:

        Salam kenal
        Terima kasih ya atas postingannya..boleh minta cara cari akar
        pangkat 2 yang berupa bil bulat dan tidak bil bulat
        pangkat 3 yang berupa bil bulat dan tidak bulat
        pangkat n juga tanpa kalkulator….

        bisa dikirim ke mail…

        untuk yang pangkat 3 bil bulat bisa pake cara 3..
        Thanks

      • skakmath says:

        cara standar yang biasanya dah diajarin di kelas 5 SD juga bisa dipake untuk mencari akar pangkat 2 dari bilangan yang bulat maupun tidak bulat, untuk yang akar 3 juga bisa

        contoh:

        akan dicari akar pangkat 2 dari 2

        pertama cari bilangan yang sama bila dikaliin hasilnya sama dengan 2 atau mendekati 2 tetapi masih dibawah 2, ambil bilangan itu 1
        1 x 1 = 1
        kurangkan 2 dengan 1 tersebut hasilnya 1
        angka 1 sisa tersebut di tambah angka 0 dua buah dibelakangnya menjadi 100
        kemudian jumlahkan kedua bilangan itu yaitu 1 + 1 = 2
        cari bilangan 2… x … = 100 atau mendekati 100 tetapi masih di bawah 100, ambil bilangan 4 sehingga menjadi 24 x 4 = 96
        kemudian kurangkan 100 dengan 96 dapat angka 4
        kemudian tambah angka 0 dua buah lagi dibelakang angka 4 menjadi 400
        kemudian 24 + 4 = 28
        terus cari 28… x … = mendekati 400
        ambil bilangan itu 1 sehingga menjadi 281 x 1 = 281
        kurangkan 400 dengan 281 dapat 119
        dan seterusnya……sehingga didapat akar 2 = 1,41…

        semoga bisa dimengerti…..

  5. johari says:

    Kebetulan anak saya di rumah ada PR dan karena kesulitan maka ayahnya yang harus turun tangan.

    Terima kasih- artikelnya mantap

  6. udi says:

    Makasih mas.

  7. arul says:

    salam kenal..
    ada cara yang lain mencari akar pangkat tiga? dgn cara yang kedua tidak semua bisa dicari
    terima kasih…

    • skakmath says:

      itu lho yang cara ketiga…….bisa dipake kan untuk sembarang bilangan dengan memisah-misah tiap 3 digit karena akar pangkat 3……kemudian jangankan akar pangkat 3…..akar pangkat n juga bisa……tapi di postingan ini kan yg fun2, jadinya dipasang yg paling mudah…….tunggu aja nanti kuposting deh yang akar pangkat n…….makasih yeh komennya…..^_^

  8. wowo says:

    gak bermutu

  9. Olivia Marchia says:

    Thx ya atas sarannya .. Manjur bgt nieh .. Bikin soale akar pangkat 3 ku jdi lebih gmpg .. Thx so much ..

  10. revinalim says:

    ada yang tahu cara susun ke bawah untuk mencari akar pangkat 3? thx….

  11. Bisa Gak ? Kamu Bantu Q akar 1357631 pangkat 3 Bisa Gk bantu Qu toe
    Tolong Blz D fB qu ya ??? ?

  12. ya memang …..
    berguna toe……………

  13. Täsĩä says:

    haduh maseh g ngerti nih.. hehe.. :D

  14. nindy says:

    bisa kirimin cara menghitung akar pangkat 3 yang paling mudah?
    kirim ke emali ya..
    nindyxafi@yahoo.com
    thanks sebelumx..

  15. Dicky says:

    Makasih akan infonya… Thank you

  16. husin says:

    masih belum mengerti????

  17. tashney says:

    ngerti :)

  18. duniaalcor says:

    Keren….pas SD dulu rasanya susaaaahh bgt, jatuhnya diapalin deh.hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s